Sabtu, 28 Mei 2016

APA YANG KITA CARI DALAM DIRI SEORANG SAHABAT

Idealnya, seorang sahabat atau kawan adalah seseorang yang kita percaya untuk berbagi rasa dengan tingkat pengertian dan komunikasi yang mendalam. Seorang sahabat atau kawan yang baik akan menunjukkan minat yang tulus pada apa yang terjadi dalam hidup kita, apa yang kita katakan, apa yang kita pikirkan dan apa yang kita rasakan. Ia akan menerima kita untuk siapa diri kita  dan mendengarkan dengan penuh perhatian tanpa menghakimi kita, tanpa memberitahu kita bagaimana seharusnya yang kita pikirkan atau rasakan, dan tanpa mencoba mengalihkan suatu pembicaraan.


·Apakah kita merasa lebih baik setelah menghabiskan waktu dengan orang  kita percya
·Apakah kita merasa bebas untuk menjadi diri  kita sendiri di sekitar orang kita percaya
·Apakah kita merasa aman, atau apakah kita merasa seperti mereka  harus memperhatikan setiap apa yang saya katakan dan dilakukan?
·Apakah orang ini mendukung saya? Apakah dia memperlakukan kita dengan hormat?

·Apakah orang ini adalah orang yang tepat untuk saya percayai?

Intinya adalah jika persahabatan dalam Berkawan terasa baik, maka ia akan baik. Tetapi jika seseorang mencoba untuk mengontrol kita, mengkritik kita , menyalah gunakan kemurahan hati kita, membawa bahaya yang tidak diinginkan, atau pengaruh negatif dalam hidup kita, saatnya untuk melihat kembali persahabatan tersebut. Sebuah persahabatan yang baik tidak mengharuskan kita untuk bertindak melawan nilai-nilai kita sendiri, selalu setuju dengan orang lain, atau mengabaikan kebutuhan kita sendiri tapi  Fokus pada apa yang kita rasakan, bukan pada bentuk persahabatan

 Kedekatan adalah faktor besar jika kita ingin menjalin persahabatan. Kita cenderung untuk berteman dengan orang-orang yang kita temui secara teratur: teman sahabat satu sama lain, rekan sekerja atau  kawan tetangga kita. Semakin sering kita melihat seseorang, semakin besar kesempatan untuk membangun persahabatan. Jadi tempat yang kita sering kunjungi secara teratur adalah tempat yang baik untuk mencari sahabat yang potensial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar